HINO Indonesia

PT Hino Indonesia Manufacturing didirikan pada tahun 1982 oleh Hino Motors Ltd, Jepang, Sumitomo Corporation Jepang dan Indomobil Group. Hino Indonesia terus memberikan kontribusi terhadap pembangunan Indonesia dengan cara memproduksi dan endistribusikan kendaraan komersil berkualitas tinggi yang ramah lingkungan.

Hino berkembang seiring dengan berkembangnya industri Otomotif di Indonesia dan menjadi pelopor dalam memperkenalkan produk ramah lingkungan seperti bus berbahan bakar CNG dan Truk dan Bus dengan tingkat emisi Euro II. Hino di Indonesia menyediakan lapangan kerja secara langsung kepada sekitar 1800 orang dan secara tidak langsung kepada lebih banyak pihak lain karena produk Hino mengandung muatan lokal yang tinggi dan suku cadang dipasok oleh lebih dari 130 pemasok lokal. Produk hino dijual di seluruh Indonesia oleh lebih dari 30 dealer utama. Saat ini terdapat dua perusahaan yang berada di bawah operasional Hino yaitu PT HINO MOTORS MANUFACTURING INDONESIA ( HMMI ) dan PT HINO MOTORS SALES INDONESIA ( HMSI ). HMMI dan HMSI bekerja bahu membahu untuk memberikan kendaraan dengan kualitas terbaik dan layanan purna jual kepada para pelanggannya.

HMMI memproduksi kendaraan, sementara HMSI mendistribusikan kendaraan Hino, suku cadang asli dan menyediakan layan purna jual kepada pelanggan di seluruh Indonesia.

Corporate Social Responsibility (CSR)

Hino Indonesia menjunjung upaya perlindungan terhadap lingkungan dan memberikan perhatian khusus terhadap kesejahteraan sosial masyarakat. Sebagai warga korporasi yang baik, hino Indonesia selalu ingin memberikan kontribusi terhadap perlindungan lingkungan i.e., mulai dari desain produk hingga proses produksi yang menggunakan bahan ramah lingkungan karena mengikuti prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) atas bahan-bahan dan mengambil langkah untuk mendidik dan melatih karyawan untuk meningkatkan keterampilan mereka melalui berbagai program pelatihan. Hino meningkatkan kepedulian sosial denbgan menyediakan sarana untuk mempromosikan konservasi hutan dan hewan langka. Hino Indonesia memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesehatan dan memberikan nutrisi terutama untuk kalangan menengah ke bawah. Secara keseluruhan, kebijakan CSR Hino Indonesia berfokus pada:

- Lingkungan
- Pendidikan
- Kesehatan

Mitra yang dapat dipercaya sebagai sarana untuk menjangkau masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

CSR Activities

Dalam rangka mewujudkan visi dan misi CSR, Hino Indonesia memilih penerima dengan cara melakukan survei setiap tahunnya dengan mengembangkan jaringan di kalangan organisasi Pemerintah dan Non Pemerintah. Untuk memenuhi kebutuhan penerima dalam bidang yang berkaitan dengan perlindungan lingkungan, pendidikan, atau kesehatan, komite CSR Hino Indonesia mengembangkan program-program termasuk desain bentuk/body Kendaraan Hino untuk memenuhi kebutuhan penerima yang akan membawa pesan CSR Hino Indonesia dan melaksanakan tujuan akhirnya yaitu mendukung pengembangan masyarakat. Hino Indonesia telah bekerja sama dengan beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) seperti Yayasan Tanam Pohon Indonesia, Yayasan Emmanuel, Yayasan Orangutan Indonesia (YAYORIN), World Wide Fund for Nature (WWF), John Fawcett Foundation – Yayasan Kemanusiaan Indonesia-Bali, WatSan Action - Yayasan Tirta Lestari, Kampung Kids, Al Azhar-Sekolah untuk Anak Yatim Piatu dan organisasi Pemerintah / Semi Pemerintah seperti Palang Merah Indonesia (PMI), POSYANDU Purwakarta, dll. LSM dan Organisasi Semi Pemerintah tersebut dipilih karena mereka mempunyai visi yang sama dengan visi CSR Hino dan dapat membantu Hino Indonesia untuk menggapai masyarakat dan tujuan utama CSR Hino. Laporan ini memberikan penjelasan singkat tentang kegiatan CSR Hino sejak tahun 2007, sebagai peringatan HUT ke-25 Hino di Indonesia.