Berita

Menjaga Kepuasan Pelanggan, Hino Gelar Customer Satisfaction Contest 2016 Nov 16, 2016



Tanggerang - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) terus melakukan inovasi dan improvement secara berkesinambungan di berbagai aspek, untuk itu HMSI kembali menggelar Customer Satisfaction Contest (CS Contest) 2016 pada 16 - 17 November 2016, bertempat di Pusat Pelayanan Purna Jual Hino, Jl. Raya Gatot Subroto Km. 8,5 Tangerang, Banten. Kontes yang diadakan untuk mempertemukan jajaran 3S (Sales, Service dan Spare Part) dari seluruh dealer Hino ini bertujuan mengapresiasi dan memotivasi tim dealer Hino diberbagai aspek untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan teknisnya sekaligus sebagai ajang evaluasi kinerja jajaran 3S dealer Hino. Acara yang rutin digelar setiap tahunnya ini mengusung tema "We Represent Hino Total Support" Dimana dalam konsep Total Support tersebut, setiap individu diharuskan memiliki pemahaman dan kemampuan yang sesuai standar HMSI, sehingga mampu memberikan solusi yang terbaik dan melampaui ekspektasi konsumen dengan kerjasama tim 3S. Seluruh materi test yang akan diberikan kepada peserta pun akan sangat berkolerasi dengan konsep Total Support dan juga disesuaikan dengan kondisi pasar saat ini serta kebijakan terbaru dari HMSI.
 
Hiroo Kayanoki selaku Presiden Direktur HMSI mengatakan “Hino berkeyakinan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, diperlukan tenaga kerja yang handal dan terpecaya. Untuk itu aktivitas pengembangan sumber daya manusia sangat lah penting dilakukan secara berkesinambungan oleh Hino bersama seluruh dealer disini”.
 

Tercatat total peserta sebanyak 350 orang dari seluruh dealer Hino yang tersebar di Indonesia, dimana para peserta ini sebelumnya telah melewati tahapan seleksi yang ketat oleh masing – masing dealer sehingga bisa lolos dan mewakili dealernya dalam ajang ini. Berbeda dari CS Contest tahun lalu, pada gelaran kali ini ada penambahan dua kategori yaitu kategori Hoyu Manager dimana dalam kategori ini peserta akan di uji kemampuannya dalam mengolah data dan memberikan strategi 3S untuk memberikan support bagi customer, dan kategori Field Advisor, untuk kategori ini peserta akan melombakan cara dalam memberikan solusi program support servis kendaraan Hino dan juga mendata profil customer Hino. dengan penambahan dua kategori ini, total 9 kategori yang akan diperlombakan yaitu kategori salesman light duty truck, salesman medium duty truck, service advisor, mechanic, customer care officer, fleet part salesman, warehouse, Hoyu Manager, Field Advisor. Semua kategori ini diperlombakan dengan standar yang telah ditetapkan oleh Hino. HMSI memberi penghargaan kepada Juara berupa hadiah khusus perjalanan ke luar negeri  dan juga uang tunai.
 
“Melalui CS Contest ini, kami berharap kemampuan jajaran 3S Dealer Hino dapat meningkat. Pada CS Contest kali ini kami menambahkan agenda tambahan "Skill Show" dari staff HMSI, dengan tujuan para peserta dapat membawa pengetahuan baru setelah CS Contest selesai. Program ini merupakan wujud komitmen Hino untuk terus meningkatkan kualitas layanannya baik itu dibidang penjualan maupun purnajual", ujar Senior Executive Officer After Sales,Irwan Supriyono.


 
Bulan Oktober 2016 , Hino meraih penjualan tertinggi tahun ini.
Hino sebagai perusahaan berbasis pelanggan selalu mengutamakan kepuasan pelanggan disetiap produk dan layanan purnal jual, untuk itu setiap tahunnya Hino selalu rutin menggelar CS Contest, hasilnya tidak dipungkiri lagi berdampak pada penjualan yang positif. Seperti selama periode Januari – Oktober tahun ini, Hino mampu menjaga market sharenya sebagai market leader medium duty truck dengan meraih 60% pangsa pasar. Tentunya ini merupakan capain yang luar biasa ditengah kondisi pasar yang masih tertekan. Hasil yang sangat mengembirakan juga datang dari segmen light duty truck, Hino melalui produk andalannya Hino Dutro mampu meraih peningkatan market share menjadi 21.37% dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 17%. Hasil ini sangat positif, dimana pasar light duty truck turun 18% dibanding tahun lalu, namun Hino justru mencatatkan peningkatkan market share dan dapat terus tumbuh. Tentunya hasil yang memuaskan ini tidak terlepas dari kepuasaan para pelanggan akan produk dan layanan produk Hino.
 
“Kami terus berupaya menghadirkan produk dan layanan terbaik bagi pelanggan setia kami, ini yang menjadi kunci penjualan Hino tetap stabil disaat situasi pasar seperti ini. Hino juga meraih hasil yang gemilang di bulan oktober kemarin, dimana pada bulan tersebut meraih penjualan tertinggi tahun ini sebanyak 2.040 unit dan naik 12.9% dibanding bulan sebelumnya”, tutup Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.