Berita

Laporan Pertandingan Dakar Rally 2014 - Tahap 13 (FINISH) Jan 18, 2014

Tim Hino sebagai Championship untuk Kelima Kalinya di Kelas Under 10-litre
Truk 2 memberikan performa yang menakjubkan dengan berada di peringkat 12.
 

Pada 18 Januari, kontestan berlomba di SS 157km dalam tahap final Dakar Rally 2014 dari La Serena ke Valparaiso. Setelah menyelesaikan pertanding, kontestan menuju ke tengah kota Valparaiso untuk menghadiri upacara penutupan di plaza, setelah bertanding intens selama 13 hari. Dari kedua Hino 500 Tim Sugawara, Truk 2 yang dikemudikan oleh Teruhito Sugawara dan Hiroyuki Sugiura selesai di posisi 12 untuk seluruh kategori truk dan sebagai Juara Pertama di Kelas Under 10-litre. Truk 1 dikemudikan oleh Yoshimasa Sugawara dan Katsumi Hamura berada di peringkat 32 untuk seluruh kategori dan Juara Kedua di Kelasnya. Artinya, Tim Hino sudah dapat menyelesaikan tujuan utamanya, yaitu sebagai Pemenang di Kleasnya selasa 5 tahun berturut-turut, dengan hasil akhir juara 1 dan 2. Dari seluruh kategori truk, Truk 2 memperlihatkan performa yang baik sekali sampai pada peringkat 12 dan mengalahkan banyak pesaingnya yang lebih besar, memperlihatkan performa yang sempurna dari truk balap baru ini.


Setelah selesai di podium, tim Hino bergabung dengan Mr. Ichikawa dan tim Hino Motors local untuk foto grup. 

Walaupan rally ini selesai satu hari lebih cepat dari tahun kemarin (13 hari), yang dimulai dari Rosario, Argentina dan selesai di Valparaiso, Chile namun ternyata menempuh jarak total SS 5212km relatif dari total jarak 9209km. Setelah melewati garis start, kontestan banyak menemukan kesulitan dikarenakan panjangnya jalur dan juga cuaca yang sangat panas namun di laik pihak bukit pasir di Gurun Atacama ternyata tidak terlalu sulit. Jalur-jalur ini ternyata belum maksimal dalam menguji kemampuan dan ketahanan dari Hino 500, namun kami berhasil mempertahankan posisi 1-2 di kelas Under 10-litre sampai ke garis finish. Di lain pihak, jalur-jalur ini juga diperuntukan untuk menguji kemampuan mesin baru di Truk 1 yang rencananya akan digunakan sebagai mesin utama pertandingan tahun depan. Hasilnya truk 1 dapat memimpin di jalur pertandingan.

SS pada tanggal 18 Januari  The SS for January 18 terdiri dai jalanan berbatu dan berkerikil. Jaraknya juga tidak terlalu panjang yaitu 157km. Truk 2 berjalan dengan hati-hati dan berada di posisi 17 namun tetap menjadi posisi pertama di kelasnya. Truk 1 selesai pada posisi 43 dan di posisi ketiga untuk kelasnya. Kedua truk berkecepatan 257km untuk mencapai Valparaiso, dimana podium berada untuk melaksanakan upacara penutupan dengan Angkatan Laut Chile. Pesta berlangsung hangat dan meriah dengan suasana tipikal Amerika Selatan.
Dikarenakan adanya kemacetan, Truk 2 dan 1 sampai di podium lebih lama sekitar jam 11 malam. Semua staf dan kru dari Hino Motors di daerah itu juga dengan Mr. Ichikawa sebagai Chairman Hino Motors menikmati acara itu sebagai Class championship.
 
Masakazu Ichikawa: Performa Truk 2 sangat gemilang tahun ini, dan Truk 1 juga telah memperlihatkan performa sangat baik. Kami merupakan yang paling cepat di Kelas Under 10-litre, kami berkomitmen untuk menjadi 10 besar di seluruh kategori truk tahun depan.

Yoshimasa Sugawara: Saya ikut Dakar Rally tahun ini untuk menguji truk kami yang baru, dan saya sangat senang dengan hasilnya. Saya sangat tersentuh dengan kemenangan 1 dan 2 di kelas Under 10-litre. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semuanya yang telah membantu kami mewujudkan ini.

Katsumi Hamura: Banyak yang telah terjadi sepanjang perjalanan, dan saya sangat senang dengan hasilnya. Saya sangat bahagia bisa sampai di Valparaiso tanpa banyak rintangan.

Teruhito Sugawara: Hasil pertandingan menunjukkan bahwa kami berada di peringkat 12, walaupun banyak halangan tahun ini, saya merasa sangat bangga dengan prestasi ini. Saya sangat senang telah menyelesaikan pertandingan ini dengan truk mesin J08C. Saya tidak sabar untuk mengikuti Dakar Rally tahun depan dengan truk berkekuatan 8.8-liter dan mesin A09C.

Hiroyuki Sugiura: Jarak yang ditempuh sangat panjang untuk tahun ini. Saya rasa kami bisa berada di posisi teratas kalau saja bukit pasirnya tidak terlalu menyulitkan. Saya sangat khawatir pada saat kami mengalami kecelakaan, namun bersyukur karena kami dapat melewatinya dengan sangat baik. Saya rasa sekarang saya lebih mengerti bagaimana sulitnya menyelesaikan rally ini.

Seiichi Suzuki: Temperatur air di mesin Truk 1 tetap stabil pada pertandingan ini, dan dan kipas kemudi yang kami kembangkan spesifik untuk mid-ship konfigurasi tidak menemukan banyak masalah.

Takeshi Suenaga: Rasanya sangat cepat pada saat saya lihat kembail, tapi kita tidak sadar akan hal itu karena kesibukan untuk menyelesaikan segalanya. Ada beberapa bagian yang saya baru sadar belum saya perbaiki, namun segera saya lakukan. Hal yang menarik adalah melihat dealer dari berbagai Negara mempunyai cara yang berbeda menggunakan alat yang sama.

Hiroaki Tamura: Perlombaan selama 2 minggu ini terasa sangat cepat, dan saya sangat bangga dapat menyelesaikan ini dengan baik.

Norishiro Senuma: Ini adalah pertama kalinya saya berpergian keluar Jepang, jadi semuanya masih sangat baru untuk saya. Kami sangat sibuk dengan pertandingan ini, tapi kami tidak lupa dengan kesehatan kami. Seperti yang pernah dikatakan atasan saya, tetap bugar merupakan hal yang penting selama pertandingan ini.

Tadahiko Fuke: Setiap harinya saya selalu bersemangat pada saat kedua truk kami menyelesaikan rute SS, dan lega pada saat mereka sudah sampai di perkemahan.

Katsuyuki Nagoshi: Pada saat ini semua berakhir, rasanya 2 minggu sangat singka. Kami punya rencana untuk ikut lagi tahun depan dan seterusnya. Saya tak sabar menceritakan pengalaman ini saat kembali kerumah.

Back to top