Berita

Laporan Pertandingan Dakar Rally 2014 - Tahap 2 Jan 06, 2014

Pemanasan di 400 km Rute Pegunungan
Truk ke 2 Memperlihatkan Performa yang Cantik dan masuk dalam peringkat ke-13 di SS Secara Keseluruhan

 

Malam kemarin, Truk ke 2  TIM HINO SUGAWARA dikemudikan oleh Teruhito Sugawara dan Hiroyuki Sugiura, yang menyeselaikan pertandingan SS diurutan ke 23 dan peringkat Top di kelas U-10 Litre, dan truk 1 dikemudikan oleh Yoshimasa Sugawara dan Katsumi Hamura, yang selesai di urutan 50 dan ke-2 dalam Kelasnya, kembali dengan aman sampai di daerah perkemahan di San Luis sebelum jam 11:00 malam dan sekitar tengah malam. Tidak ada diantara kedua truk mengalami permasalahan yang cukup serius, dan walaupun hari itu merupakan hari yang panjang namun kru masih tetap dalam kondisi bersemangat. Teruhito Sugawara mengembangkan evolusi dari truk ke 2, khususnya dalam mengembangkan tingkat kecepatan yang lebih tinggi dan memungkinkan untuk torsi lebih kuat, rem disk, dan kinerja cengkraman yang lebih baik dan  hasil pengereman yang lebih baik dari bang semi-mud trucks (Michelin XZL) yang digunakan agara dapat mengurangi waktu truk dijalanan berliku 


Truk 2 dikemudikan oleh kru Teruhito Sugawara/Hiroyuki Sugiura
 

Perjalanan yang dilalui kontestan pada tanggal 6 January adalah dari San Luis ke San Rafael, Argentina. Truk-truk berjalan ke arah selatan 304km di pinggiran San Rafael, dimana SS diatur pada kecepatan 400km untuk membuat satu putaran searah jarum jam di pegunungan Sierra Nevada. Sementara kondisi jalanan berbatuan, rute ini pun mempunyai beberapa bukit pasir kecil pada saat hamper sampai ke garis finih. Rute untuk mobil dan truk menyimpang ke tengah dikarenakan jalanan yang sempit, menghasilkan perbedaan jarak diantara kategori SS.

Pada hari ini, kedua  seri HINO500 kembali memperlihatkan performa yang mantap. Truk 2 bertanding melawan rival yang lebih besar dalam kelas Truk dan berhasil diperingkat 13 dan peringkat Top dalam Kelas Under 10-Litre. Hasil ini memperlihatkan performa truk yang sempurna dalam dua hari sejak memasuki perlombaan tahun ini, yang memang tim ini sudah di desain sebagai bentuk pengembangan dari truk balap untuk unggul dalam perlombaan ini. Truk 1 juga memberikan performa yang mantap, namun tidak sampai ke garis finish sampai dengan tulisan ini dimuat jam 9 malam.

Perkemahan terletak di Autódromo San Rafael, lintas balapan berada pada segmen penghubung sejauh 62 km yang dating setelah SS. Di perkemahan, mekanik untuk tim Hino menunggu Truk 2 yang sedang mengisi bahan bakar di perjalanan.

January 7, kontestan akan bertanding di 301 km SS yang berada pada perjalanan menuju San Juan. Rute ini diperkirakan perjalanan melintas pegunungan yang kasar dimana tim akan dibawa menuju daerah pegunungan dalam radius 300m.

Katsuyuki Nagoshi: Untuk memberikan performa baik yang dibutuhkan truk dalam rally kendaraan ini, kami sudah menyusun respon bahan bakar vis-à-vis pada pedal gas agar lebih cepat di Truk 1 dan 2. Sementara Teruhito Sugawara sepertinya menyukai setting ini, namun Yoshimasa Sugawara terlihat lebih menyukai respon yang ringan. Salah satu tanggung jawab saya adalah untuk terus mengawasi penyesuaian ini berjalan, dan mengumpulkan semua data yang dibuthkan di lapangan.

Back to top