Berita

Tingkatkan Layanan Kepada Pelanggan, Hino Resmikan After Sales Building Nov 19, 2015

Tangerang – PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meresmikan After Sales Building di Service and Spare Parts Center Hino yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto KM 8.5, kawasan Industri Jatake, Tanggerang, Banten, pada hari Kamis, 19 November 2015. Gedung seluas 380 meter persegi yang terdiri dari 3 lantai ini akan menjadi pusat kegiatan Hino dalam mengembangkan seluruh program pelayanan purna jualnya baik servis maupun suku cadang. Presiden Direktur HMSI, Hiroo Kayanoki mengatakan “Dengan kehadiran gedung baru ini, HMSI akan terus meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan setia kami. Hino berkomitmen untuk memberikan layanan dan servis terbaik dengan memperkenalkan konsep Total Support kepada pelanggan dimana Hino selalu mengembangkan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan layanan servis yang andal untuk memberikan keuntungan yang maksimal bagi pelanggan dengan masa operasional 100% dan minimum operational cost”.


 
Selain berfungsi sebagai pusat aktifitas kerja Divisi After Sales HMSI, Hino After Sales Building juga merupakan pusat layanan Hino Customer Care Center (HC3). Gedung ini dilengkapi dengan fasilitas penerimaan bengkel HMSI yang baru serta ditunjang dengan ruang penerimaan servis dan ruang tunggu bagi pelanggan yang menunggu unit yang sedang diperbaiki di bengkel HMSI.
 
Saat ini HMSI telah memiliki program layanan purna jual untuk pelanggan seperti layanan Express Maintenance yaitu perawatan berkala hanya 59 menit, Free Service Program yaitu layanan servis berkala gratis untuk 2 tahun atau 60.000 KM dan pelatihan untuk mekanik serta pengemudi. Dalam hal suku cadang, Hino memiliki Hino Genuine Part (HGP) yang merupakan suku cadang asli dari dari Jepang dan HMSI Original Parts (HOP) yang merupakan suku cadang lokal yang dibuat dengan kualitas standar Hino di bawah pengawasan Hino Motors ltd Japan. Hino juga menawarkan kemudahan dalam mendapatkan suku cadang Hino dengan cara menjamin ketersediaan suku cadang dan memberikan harga yang bersaing melalui beberapa program antara lain: Pertama Konsinyasi, yaitu program dimana dealer menempatkan spare part di gudang pelanggan dengan tujuan memenuhi  kebutuhan suku cadang dalam jangka waktu tertentu. Kedua, National Parts Price Contract (NPPC) yaitu kontrak pengadaan suku cadang melalui dealer Hino dengan harga dan diskon yang tetap dan mengikat untuk pelanggan yang mempunyai beberapa cabang di seluruh Indonesia. Ketiga, Parts Price Contract (PPC) adalah kontrak pengadaan suku cadang dalam jangka waktu tertentu (berdasarkan Forecast) dengan harga dan diskon yang tetap dan mengikat antara pelanggan dengan dealer Hino.


 
Selain After Sales Building yang baru diresmikan, Service and Spare Parts Center HMSI berdiri di atas lahan seluas 27.000 m2 ini juga memiliki tiga gedung utama lainnya yaitu pertama, Hino Training Center yang menjadi pusat pelatihan bagi staff dealer dan pelanggan. Dengan luas bangunan 4.032 m2, Hino Training Center mampu menampung 320 peserta. Bangunan dua lantai ini memiliki fasilitas seperti 11 ruang kelas, ruang computer, perpustakaan, ruang SST (tools) dan cutting model, musholla, Dojo (ruang praktek servis dan spare part), bengkel untuk pelatihan dan auditorium. Kedua, HINO Spare Parts Center yang merupakan gudang suku cadang Hino dengan luas area 6.480m2 dan mampu menyimpan hingga 23.000 item guna terus menjaga ketersediaan suku cadang. Ketiga, HINO Service Workshop memiliki kapasitas 460 unit per bulannya dengan 11 service bay, 2 express maintenance bay serta 1 bay brake tester. Pelayanan servis dapat diberikan secara maksimal dengan dukungan 20  mekanik andal dan terlatih. Adapun layanan yang diberikan antara lain perawatan berkala (periodic service), perbaikan ringan (light repair), perbaikan berat (heavy repair), perbaikan komponen (component repair) dan express maintenance. HMSI Service and Spare Parts Center juga memiliki 2 mobil servis yang dilengkapi dengan alat-alat yang diperlukan untuk melayani servis atau perbaikan ringan di lokasi pelanggan.
 
Selain fasilitas yang terus ditingkatkan, HMSI juga melakukan pengembangan sumber daya manusianya dengan perubahaan struktur dalam tim after sales, dimana sebelumnya divisi servis dan divisi spare part berdiri sendiri, kini untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan total support untuk memenuhi kepuasaan pelanggan, divisi tersebut dipadukan bersama dengan nama after sales marketing division. Sehingga kedepannya pelayanan after sales Hino dapat lebih baik, cepat dan efisien.
 
“Seiring dengan permintaan pelanggan yang semakin meningkat akan produk Hino, kami juga berkomitmen terus mengembangkan fasilitas pelayanan purna jual kami sehingga layanan servis dan suku cadang dapat disediakan dengan lebih cepat, efisien dan semakin terjamin kualitasnya” tutup Santiko Wardoyo, Direktur Sales dan Promosi HMSI.

Back to top