Berita

Hino Dukung Dunia Pendidikan Dengan Memberikan Simulator Komponen Kendaraan Bermotor Kepada Institut Teknologi Bandung Mar 28, 2016

Bandung, 28 Maret 2016 – Hino Indonesia kembali lakukan program CSR. Pada kesempatan ini, Hino Indonesia melaksanakan kegiatan CSR di Institut Teknologi Bandung, khususnya pada Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)  dengan memberikan beberapa komponen utama kendaraan bermotor yang telah dikonversikan menjadi simulator untuk menunjang proses belajar mengajar mahasiswa. Komponen-komponen yang diberikan terdiri dari: 1) Simulator cara kerja Differential Carrier dan Rear Axle truck; 2) Simulator cara kerja Transmisi Manual; 3) Mesin Diesel 4 silinder dengan  perlengkapannya untuk dipergunakan sebagai penelitian dan pengujian pada  Laboratorium  Motor Bakar dan Sistem Propulsi FTMD – ITB; 4) Leaf spring assy ; 5) Propeller Shaft pada static stand; dan 6) Gear box steering.
 
Komponen-komponen kendaraan bermotor tersebut diserahkan oleh J. Ralhan selaku Direktur PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia kepada Dr. Hari Muhammad selaku Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara - Institut Teknologi Bandung. Acara serah terima dilaksanakan di gedung FTMD  Institut Teknologi Bandung dan dihadiri oleh  Prof.Dr. Zainal Abidin - Wakil Dekan Bidang Akademk FTMD; Dr. Ignatius Pulung Nusprasetio - Wakil Dekan Bidang Sumber Daya FTMD;  Dr. Arief Hariyanto - Ketua Program Studi Teknik Mesin; para Ketua Kelompok Keahlian FTMD - ITB; Staff Akademik FTMD – ITB; Manajemen Hino Indonesia beserta team CSR.

Selama kurun waktu lebih dari 30 tahun, Hino Indonesia telah menjadi bagian dalam derap langkah pembangunan di Indonesia dan berkomitmen untuk tetap memanfaatkan potensi dalam negeri, baik sumber daya industri maupun sumber daya manusia. Dalam menjalankan operasional usahanya, Hino Indonesia telah menyerap ribuan sumber daya bangsa Indonesia yang ahli dalam bidangnya masing-masing.
 
Oleh karenanya, pendidikan merupakan pangkal tolak yang penting untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan siap untuk bekerja dalam industri. “Semoga kontribusi dari Hino Indonesia ini dapat dimanfaatkan sepenuhnya dengan tujuan makin mendekatkan teori dalam pendidikan dengan praktek nyata dalam industri” ujar J. Ralhan. Dengan adanya komponen simulator dan penggunaan lainnya, mahasiswa diharapkan dapat memahami secara actual mengenai sistem kerja  komponen-komponen utama dari kendaraan bermotor.
 
Hino Indonesia juga membuka kesempatan bagi para mahasiswa / mahasiswi ITB untuk melakukan kerja praktek dan mengembangkan kariernya dalam dunia industri dan bisnis kendaran bermotor.
 
Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Hino Indonesia merupakan kegiatan yang berkesinambungan dan menjadi kegiatan resmi perusahaan dengan lingkup: pendidikan, kesehatan, social budaya, perlindungan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat. (*)

 
Back to top