Berita

Memasuki Kota Kesepuluh, Hino Dutro Safety Driving Competition 2017 Hadir Di Balikpapan Dec 21, 2017



Balikpapan, 21 Desember 2017
–  PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersama diler - diler resmi Hino di wilayah Kalimantan Timur, PT Antasena Agung Jaya (AAJ), PT Kumala Motor Sejahtera Bersama (KMSB) dan PT Prima Putra Kaltim (PPK) melanjutkan program apresiasi kepada pengemudi truk dengan mengelar Hino Dutro Safety Driving Competition di kota kesepuluh yaitu Balikpapan. Sebagai kota penutup dari rangkaian 10 kota kampanye keselamatan ini. Tetap mengusung tema “Handal Pengemudinya, Aman dan Maksimal Bisnisnya”. Acara ini berlangsung di area parkir Balikpapan Sport and Convention Center atau lebih dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama Dome. Pada gelaran kali ini turut ambil bagian 90 pengemudi dari customer Hino di seluruh wilayah Kalimantan Timur.

Yuichi Naito, Direktur HMSI mengatakan, “Sebagai pelaku industri otomotif, Hino sangat senang dapat menggelar acara ini karena ini bentuk tanggung jawab kami untuk menjaga keselamatan mereka. Karena keselamatan para pengemudi ini merupakan hal yang paling berharga dan terpenting bagi keluarganya.”

Hino Dutro Safety Driving Competition terbagi menjadi dua bagian test. Pada hari pertama bertempat di kantor HMSI cabang Balikpapan Jl. Pulau Balang KM 13. Pengemudi di test tertulis mengenai keselamatan berkendara seperti daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving, dan tanda rambu – rambu lalu lintas. Dimana 10 pengemudi terbaik dengan nilai tertinggi dari hasil tes ini, akan melanjutkan kehari kedua di area Dome untuk inspection test dan skill test berupa zig – zag forward dan backward serta reverse parking. Keluar sebagai pemenang pertama untuk Hino Dutro Safety Driving Competition di Balikpapan ialah Agus Purwanto dari CV Ekatani.

“Saya merasa senang, karena kompetisi seperti ini belum pernah diadakan. Melalui kegiatan ini saya juga menjadi lebih paham tentang masalah lalu lintas karena edukasi yang diberikan Hino cukup mendalam”. Ungkap Agus Purwanto, pemenang pertama Hino Dutro Safety Driving Competition Balikpapan.



Hino Dutro Safety Driving telah digelar sejak bulan Oktober 2017, dimana kota Semarang menjadi yang pertama. Setelah itu kampanye keselamatan nasional dari Hino ini melewati beberapa kota lainnya seperti Surabaya, Jakarta, Makassar, Manado, Pontianak, Medan, Padang, dan Pekanbaru. Total pengemudi yang ikut serta selama gelaran ini berlangsung sebanyak 700 pengemudi. Melalui kegiatan ini Hino ingin aktif memberi dukungan kepada pemerintah dalam upaya mencegah kecelakaan di jalan. Melalui edukasi yang berkesinambungan dan bekerja sama dengan instansi terkait seperti Kepolisian, Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan setempat. Dengan ini diharapkan para pengemudi truk dapat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan selalu membudayakan keselamatan sebagai kebutuhan. Dimana Tentunya ini juga sesuai dengan visi hino yaitu menjadikan dunia sebagai tempat kehidupan yang lebih baik dengan membantu kelancaran transportasi yang aman, ekonomis dan tetap bertanggung jawab menjaga kelestarian lingkungan, dengan memperhatikan pengembangan yang berkesinambungan.

Peluncuran Hino New Dutro untuk mempermudah bisnis pengusaha di Balikpapan
Pada malam harinya, bertepatan dengan gelaran Hino Dutro Safety Driving Competition. PT Hino Motors Sales Indonesia turut juga memperkenalkan Hino New Dutro kepada customer setia Hino di Balikpapan melalui Hino Customer Gathering. Acara yang berlangsung di Swiss Bell hotel Balikpapan ini sekaligus dengan pengumuman pemenang Hino Dutro Safety Driving Competition Balikpapan yang digelar pada pagi harinya. Hino New Dutro sendiri ialah generasi terbaru menggantikan Hino Dutro generasi sebelumnya yang merupakan tipe light duty truck atau kelas truk ringan. Generasi terbaru ini hadir dengan mengusung tagline ”Makin Panjang Umurnya”.

Event peluncuran ini dihadiri oleh customer setia Hino dari berbagai macam segmen bisnis, seperti pengusaha dibidang perkebunan, minyak bumi, gas alam, kargo dan lainnya. Hino New Dutro saat ini memiliki 16 model baru, didalamnya terdapat 4 model tambahan dari generasi sebelumnya yang hanya terdapat 12 model. Salah satu varian terbarunya ialah Hino New Dutro 130 HDL untuk keperluan bisnis kargo. Dimana varian ini hadir memiliki dimensi rangka lebih panjang dan memiliki kubikasi bodi meningkat 3.85 m3 atau dari 15.05 m3 menjadi 18.9 m3. Adanya penambahan panjang pada wheelbase (WB) dan julur belakang (ROH) membuat kapasitas ruang kargo lebih besar untuk membawa barang lebih banyak. New Dutro 130 HDL ini dilengkapi dengan transmisi model baru (RE50) yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar sampai dengan 1,8% lebih irit dibanding transmisi lama dan menghasilkan akselerasi lebih baik serta kemampuan yang lebih handal di medan menanjak.

Sementara Model terbaru lainnya yang sesuai dengan industri perkebunan di Kalimantan Timur ialah Hino New Dutro 130 HD LSD, truk ringan 6 roda yang handal di jalan berlumpur (off road). Dilengkapi dengan teknologi Limited Slip Differential (LSD) yang berfungsi untuk mencegah terjadinya slip ketika melalui medan lumpur yang berat. Sehingga truk dapat melaju untuk terus bekerja dan produktifitas tetap terjaga.



Hino Terus Menjadi Market Leader di Kalimantan Timur
Kalimantan Timur salah satu wilayah yang penting bagi Hino. Di wilayah ini banyak terdapat sumber daya alam seperti minyak dan gas bumi. Hal inilah yang memacu sekaligus sebagai faktor pendorong penjualan Hino untuk terus bertahan menjadi market leader disini. Dari data penjualan untuk Kalimantan Timur selama periode Januari sampai November 2017, Hino dalam segmen pasar medium duty truck mampu menjaga posisi sebagai market leader dengan penguasaan pasar sebesar 59% atau hasil ini naik dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya sebesar 47%. Tentunya ini hasil yang menggembirakan bagi Hino karena prestasi ini sudah bertahan cukup lama yaitu 17 tahun terakhir ini. Sementara untuk kelas truk ringan melalui produk andalannya Hino Dutro, market share Hino dikelas ini juga meningkat jika dibanding tahun sebelumnya. Tercatat Hino Dutro berhasil mengembangkan market dari 14% naik menjadi 20%. Tentunya keberhasilan ini tidak terlepas dari aktivitas Total Support yang Hino berikan kepada konsumen, baik itu layanan penjualan maupun purna jual sehingga konsumen merasa puas akan produk Hino karena membantu bisnis mereka menjadi lebih mudah.
 
“Tahun ini kami sangat gembira dengan hasil penjualan Hino di Kalimantan Timur, karena produk – produk kami dapat terus tumbuh market sharenya. Kedepannya kami terus optimis bisa lebih baik, karena beberapa indikator ekonomi menunjukan tren positif, termasuk juga saat ini adanya pemerataan pembangunan infrastruktur diluar pulau jawa tentunya ini akan berdampak positif bagi penjualan kami”. Tutup Naito.

Back to top