Berita

18 Tahun Hino Ranger Menjadi Market Leader Di Indonesia. Feb 20, 2018

Jakarta, 20 Februari 2018 - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menutup tahun 2017 dengan capaian yang gemilang dimana secara total penjualan dapat melewati target yang ditetapkan. Dimana pada awal tahun 2017 HMSI memasang target 28.000 unit, dan hasil yang di raih pada penutupan penjualan sampai dengan desember 2017, Hino sukses melepas kepasaran sebanyak 30.007 unit untuk semua kategori truk atau berhasil meningkatkan penjualan sampai 35% jika dibanding dengan 2016. Hino New Generation Ranger memiliki porsi terbesar dalam penjualan Hino dengan berkontribusi 55% pada total penjualan Hino di 2017. Medium duty truck ini berhasil terjual sebanyak 16.768 unit dan menguasai pasar dengan raihan 60% market share yang menjadikannya sebagai market leader selama 18 tahun terakhir ini.
 
Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI mengutarakan “Kami sangat gembira dengan hasil yang dicapai pada tahun 2017. Dimana keberhasilan kita mencapai target, menandakan bahwa Hino semakin dipercaya oleh masyarakat sebagai truk yang handal dan kuat di segala segmen Bisnis”. “Kami selalu memberikan best fit product untuk semua bisnis dan menjadi kan Hino sebagai one stop solution untuk kebutuhan armada bisnis” tambah Kayanoki kembali.
 
Hino New Generation Ranger FM 260 JD menjadi model yang paling laris dalam tahun 2017. Tercatat Dump truk 6x4 ini berhasil terjual sebanyak 5.892 unit dan berkontribusi 35% pada penjualan Hino dalam medium duty truck. Penjualan untuk FM 260 JD banyak ditopang oleh bisnis tambang dan konstruksi. Dimana kedua segmen bisnis ini memang membutuhkan truk yang tangguh dan kuat mengangkut beban berat dan New Generation Ranger FM 260 JD adalah rajanya, karena sudah terbukti dilapangan truk ini terus dipercaya dan sudah menjadi market leader selama 18 tahun.
 
 

Hino Dutro Naik 10% penjualannya di 2017
Selain berhasil menjadi market leader truk medium, Hino juga mencatatkan hasil yang positif untuk kategori light duty truck atau truk ringan. Hino Dutro yang baru diluncurkan pada tahun 2002 lalu, setiap tahunnya dengan pasti terus naik penjualannya dan semakin dipercaya sebagai armada bisnis pengusaha di Indonesia. Pada GIIAS Agustus 2017 kemarin, HMSI meluncurkan Hino New Dutro ialah generasi terbaru menggantikan Hino Dutro generasi sebelumnya. Generasi terbaru ini hadir dengan mengusung tagline ”Makin Panjang Umurnya”. Hino New Dutro saat ini memiliki 16 model baru, didalamnya terdapat 4 model tambahan dari generasi sebelumnya yang hanya terdapat 12 model. Pada tahun 2016 lalu, Hino Dutro berhasil terjual sebanyak 11.788 unit sedangkan pada tahun 2017 kemarin, penjualan Hino Dutro berhasil naik 10% dengan berhasil dilego kepasaran sebanyak 13.014. Untuk tipe terbaru Hino New Dutro 130 HDL yang memiliki ruang kargo 5.4 meter dan merupakan terpanjang dikelasnya sukses dipasaran dengan terjual sebanyak 261 unit. Sementara  Hino New Dutro 130 HD menjadi model yang paling banyak diminati pasar pada tahun 2017 lalu, dimana tipe ini berhasil terjual 7.930 unit atau berkontribusi 61% terhadap penjualan Hino Dutro keseluruhan pada 2017 kemarin. Hino New Dutro 130 HD merupakan truk 6 roda dengan mesin W04D-TR yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 130 PS dengan torsi maksimal 38 Kgm. Truk ini sudah teruji keunggulan dan kekuatannya dalam mengangkut beban berat dijalan yang sempit sekalipun.
 
Hino Bus Merajai Pasar Bus dengan raihan 74% market Share.
Untuk pasar bus, seperti halnya truk. Hino juga meraih hasil yang sangat baik dengan capaian positif untuk penjualan tahun 2017. Hino Bus mencatatkan hasil yang gemilang, dimana Hino mampu menguasai pasar bus medium dengan penjualan sebanyak 1.538 unit. Hasil penjualan ini meningkat 45% dari tahun 2016 yang tercatat hanya 1.061 unit. Dari sisi market share Hino Bus naik signifikan dari tahun lalu menguasai 64% maka hasil penutupan tahun 2017, tercatat Hino terus menjadi raja di segmen bus dengan memperoleh 74% market share. Penjualan Hino Bus yang baik ini, di topang oleh tipe Bus R260. Bus yang banyak digunakan untuk berbagai macam angkutan seperti Bus Rapid Transit (BRT), Bus Sekolah, Bus Antar Kota, Bus dalam kota, dan Bus Pariwisata ini sukses dilepas kepasaran sebanyak 1.159 unit atau berkontribusi sebanyak 75% untuk penjualan total Hino Bus di tahun 2017.
 
Hino Dutro Safety Driving 2017, Program Keselamatan Hino Melatih 1.000 Pengemudi Truk
Pada tahun 2017 lalu, sebagai salah satu aktifitas Total Support kepada customer Hino sekaligus mendukung pemerintah dalam program keselamatan berkendara untuk mencegah kecelakaan berlalu lintas. Hino sukses menggelar program Hino Dutro Safety Driving Competition 2017. Dimana pada program ini, Hino menjalankan road show di 10 kota seperti Medan, Padang, Pekan Baru, Jakarta, Semarang, Surabaya, Pontianak, Balikpapan, Makasar, dan Manado. Dalam kegiatan peduli keselamatan berkendara dan berlalu lintas ini, Hino memberikan pelatihan dan kompetisi yang diikuti oleh lebih dari 1.000 pengemudi dari 10 kota tersebut. Bekerja sama  dengan Kepolisian Lalu Lintas, Kementerian Perhubungan, dan Dinas Perhubungan, acara ini didalamnya berisikan materi berupa teknik mengemudi yang aman, edukasi rambu – rambu lalu lintas, pengecekan kendaraan setiap harinya, serta tertib berlalu lintas di jalan.
 
“Diharapkan dengan program pelatihan ini, para pengemudi truk dapat menerapkan pengetahuan ini di jalan sehingga keamanan dan keselamatan di jalan dapat terjamin ketika mereka bertugas, selain itu kami ingin mereka dapat membagi ilmunya kepada teman pengemudi lainnya”. Ungkap Kayanoki
 
Hino Optimis Hasil Positif Terus Berlanjut Di Tahun 2018 .
Memasuki tahun 2018 ini, dimana merupakan tahun politik dengan adanya pilkada serentak di 171 daerah baik itu propinsi, kota maupun kabupaten. Hino tetap optimis bahwa pesta demokrasi ini akan berjalan lancar dan damai. Di Tahun 2018 ini pemerintah pusat juga masih fokus terhadap pembangunan infrastruktur diberbagai daerah di Indonesia, ini dapat dilihat dari anggaran infrastruktur yang mencapai 410 Triliun rupiah di APBN 2018. Selain proyek – proyek infrastruktur. Hino juga melihat pasar komoditi seperti kelapa sawit, dan batubara juga akan terus stabil dan membutuhkan armada – armada truk baru baik itu untuk penambahan ataupun pergantiaan unit truk armada mereka. Diluar segmen diatas Hino juga tetap fokus pada sektor – sektor yang memang setiap tahunnya stabil untuk permintaan armada truk seperti segmen kargo dan transportasi seperti Bus. Pada tahun 2018 ini Hino menargetkan penjualan sebanyak 40.000 unit kendaraan. Dimana target ini naik 33% dari hasil yang diraih pada tahun 2017. Selain target penjualan, di 2018 Hino akan terus melebarkan sayap jaringan penjualan dan purna jualnya dimana pada tahun 2018 ini Hino akan membuka cabang cabang baru di beberapa area seperti Sumatera, Jawa, Sulawesi dan Kawasan Indonesia Timur. Ditargetkan dari 161 jaringan, pada akhir tahun 2018 dapat tercapai target lebih dari 171 jaringan penjualan Hino di seluruh Indonesia. Dari sisi produk dalam menghadapi kebijakan pemerintah akan regulasi EURO 4, untuk itu Hino terus mengembangkan produknya dan siap untuk memenuhi kebijakan akan hal itu.
 
“Untuk Euro 4 tentunya Hino akan mengikuti segala kebijakan yang diterapkan pemerintah karena ini pastinya untuk kebaikan masyarakat.Untuk mesin dan teknologi dengan EURO 4 tentunya di principal kami sudah memilikinya dan saat ini sedang kami pelajari dan kembangkan untuk disesuaikan dengan pasar Indonesia”. terang Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.
 

Hino Hadir di GIIMCOMVEC dengan One Stop Solution Bisnis.
Menjelang pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) yang akan digelar pada 1- 4 Maret 2018 di Jakarta Convention Center (JCC). Hino dipastikan turut ambil bagian dalam ajang tersebut dengan membawa unit – unit andalannya yang dapat menjadi solusi bisnis bagi para pengunjung yang datang ke pameran ini. Sebagai pemimpin pasar medium duty trucks sejak tahun 2000 Hino terus menghadirkan inovasi dan produk terbarunya. Saat ini Hino memiliki 160 varian produk yang siap untuk berbagai macam segmen bisnis, dan 4 diantaranya yang akan dipajang dalam gelaran GIICOMVEC ialah Hino New Dutro 130 HD, dan Hino New Generation Ranger FM 260 JD yang merupakan jagoan dalam bisnis kontruksi dan sudah terbukti akan ketangguhan dan kekuatannya. Unit lainnya ialah andalan dalam bisnis kargo yaitu Hino New Generation Ranger  FG 235 JS dan terakhir ialah bus terbaru Hino yang sudah diperkenalkan ke publik pada Desember lalu ialah Hino Bus RN 285 Transmisi Otomatis
“Kami mengusung tema One Stop Solution Truk dan Bus, hal ini didasari karena kami satu – satunya brand kendaraan komersial yang memiliki jajaran produk terlengkap, mulai dari truk kecil, sedang, hingga besar. Begitupun untuk Bus, varian Hino tersedia mulai dari Bus kecil hingga yang kapasitas angkut dan tenaga paling besar. Untuk itu kami percaya apapun kebutuhan armada bisnis customer kami siap untuk mendukungnya”, ungkap Santiko.
 
“Selain itu, layanan purna jual Hino melalui aktifitas Total Support mendukung untuk customer memaksimalkan profitnya ,karena kami akan membantu untuk meminimalkan operasional cost kendaraan dan memaksimalkan waktu pemakaian armada truk”. Tutup Santiko.

Back to top