Jakarta, 6 November 2019 – Dalam bisnis, kepuasan pelanggan
adalah segalanya, selain menjaga kualitas produk. Hino terus meningkatkan layanan penjualan dan
purna jual secara maksimal. Salah satunya dengan mempersiapkan mekanik-mekanik
dan sales consultant yang handal demi
kepuasaan dan kepercayaan bagi para pelanggan. Hino Customer
Satisfaction (CS) Contest 2019 digelar untuk mewujudkan komitmen Hino dalam
menunjang kegiatan bisnis pengguna kendaraan Hino. Mengusung tema “WE REPRESENT HINO TOTAL SUPPORT BY HUMAN
TOUCH”, CS Contest merupakan salah satu cara mengimplementasikan Total Support yaitu
komitmen dan janji Hino untuk memberikan kendaraan dengan waktu bekerja atau
operasional yang maksimal melalui kendaraan yang terbaik dan sesuai dengan
bisnis pelanggan, serta meminimalisir operational cost melalui layanan yang
berorientasi kepada bisnis konsumen
dengan dukungan layanan purna jual yang prima dan sumber daya manusia (SDM)
mulai dari sales hingga mekanik yang terlatih dan bisa diandalkan. Karena materi
dari masing – masing kategori yang diperlombakan dalam CS Contest oleh seluruh
personil dealer Hino adalah bagaimana para peserta dapat meningkatkan loyalitas
pelanggan dengan menyediakan layanan dan program Total Support sesuai dengan
kebutuhan bisnis masing – masing pelanggan.
Untuk tahun
ini, kategori sales, service dan spare part (3S) consultan yang terdiri dari
Salesman Ranger, Field Advisor (FA),Part Fleet Salesman, yang terjun langsung
bertemu dengan para pelanggan setia Hino, dapat mendalami dan memahami
regulasi, masalah dan menyediakan solusi total support yang sesuai dengan
keinginan pelanggan. Sedangkan untuk pengembangan sisi teknikal, Hino
mempersiapkan tim teknisi yang terdiri dari Service Advisor (SA) dan Mekanik
untuk mengatasi permasalahan sehari - sehari (Trouble Shooting) seperti
electrical wearing diagram dan penggunaan Diagnosis Tools Hino (DX Tool) yang
merupakan alat untuk pemeliharaan dan
diagnosa permasalahan pada unit common rail,
sekaligus ini menjadi bukti kesiapan Hino dalam menyambut era EURO4 di
tahun 2021 mendatang dimana Hino juga memiliki common rail system simulator
sebagai media untuk pembelajaran mekanik – mekanik Hino. sehingga konsumen
tidak perlu khawatir akan kendaraan common rail Hino, selain memiliki tenaga
yang kuat dan efisien, layanan purna jual pun terjamin karena Hino memiliki SDM
yang ahli dan terlatih, serta peralatan yang canggih dalam merawat kendaraan
Hino yang bermesin common rail.

“Target kami setiap tahunnya adalah melahirkan teknisi –
teknisi yang handal, terpercaya dan
bekerja dengan cepat sehingga mengurangi down time kendaraan customer kami, dan
bisnis mereka dapat berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan” ungkap Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI.
CS Contest
setiap tahun digelar dan menjadi agenda rutin dari Hino untuk mengembangkan
sumber daya manusia yang ahli dan terpercaya, tahun ini merupakan edisi ke 23
atau dimulai sejak tahun 1989. Kegiatan ini digelar dengan di ikuti oleh 355
peserta dari 41 diler Hino diseluruh Indonesia. CS Contest 2019 kali ini dibagi
menjadi 2 jenis kompetisi yaitu team dan individu, dimana masing-masing akan
dibagi lagi menjadi beberapa kategori, seperti untuk tim: 3S Consultant Team (
Field Advisor/FA, Sales dan Spare part fleet salesman), Hoyu Team (Hoyu Manager dan CCO), dan
Technician Team ( SA dan Technician). Sementara untuk individu yang diperlombakan
untuk kategori : After Sales Service (ASS) Manager, Inventory, Warehouse, Sales
Dutro, Sales Bus, Internal Dealer Training (IDT) Sales, IDT Technician. Dimana
masing – masing kategori memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dan jenis test
yang berbeda – beda. Namun rata – rata setiap peserta akan diberikan waktu 30 –
40 menit dalam melaksanakan test praktek. Untuk bobot penilaian sendiri pada
saat semifinal 30% untuk tes teori via online tes dan 70% di tes praktek,
sementara di babak grand final bobot penilaian menjadi 100% di tes praktek.
“Meningkatkan keterampilan mekanik dan memperkuat kerja
sama staf frontline menjadi kunci untuk meningkatkan keahlian dan kecepatan
waktu kerja,sehingga operasional bisnis konsumen menjadi lebih cepat, inilah
yang membuat customer Hino sangat loyal”, ungkap Santiko
Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI .
Perawatan maupun perbaikan kendaraan armada bisnis kerap membutuhkan
waktu, sehingga roda bisnis pun ikut tersendat. Namun, hal itu tidak akan
terjadi jika proses perawatan atau perbaikan kendaraan itu berlangsung dengan
cepat dan tepat. Keandalan mekanik, partman dan service advisor memiliki
kontribusi yang besar untuk menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Leave Reply
Your email Address will not be published, Required filed are marked*