
Service Point Terminal Tirtonadi Surakarta
Surakarta, 21 April 2018 – PT Hino Motors Sales Indonesia
(HMSI) meresmikan Hino Service Point yang berada di terminal Tirtonadi
Surakarta, Jawa Tengah. Acara peresmian ini dihadiri oleh Budi Setiyadi – Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat
Kementerian Perhubungan, FX Rudyatmo
– Walikota Surakarta, Joko Sutriyanto
– Kepala Terminal Tirtonadi Surakarta, Santiko
Wardoyo - Direktur Penjualan dan Promosi HMSI serta Christian Hemasurya - Direktur Utama DCM. Bengkel perawatan Hino
ini beroperasi dibawah kendali diler resmi Hino untuk wilayah Jawa Tengah PT
Duta Cemerlang Motors (DCM) yang bertujuan untuk membantu memaksimalkan
operasional bus bus yang ada di Terminal Tirtonadi. Hino Service Points memberikan
pelayanan antara lain perawatan berkala dan perbaikan ringan seperti sistem rem
dan sistem kopling bagi bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) dan Antar Kota
Dalam Propinsi (AKDP) yang masuk kedalam area terminal Tirtonadi. Service Point
ini dilengkapi dengan 4 bay service yang mampu menampung 4 bus sekaligus dan
dilakukan oleh 4 mekanik Hino yang handal dan sudah terlatih. Selain itu
service point ini juga dilengkapi dengan warehouse untuk 672 suku cadang asli
Hino dan juga service car yang dilengkapi dengan tool set yang siap membantu
kendaraan Hino dimanapun.
Direktur Penjualan dan Promosi HMSI,
Santiko Wardoyo
mengatakan “Service point ini bentuk
pelayanan dan tanggung jawab kami kepada Perusahaan Otobus sebagai customer
setia kami. Melalui Hino Service Point, kami jemput bola di terminal – terminal
untuk membantu perawatan dan perbaikan ringan agar bus terus aman dikendarai
dan keselamatan penumpang dapat terus
terjaga”.
Hino Service Point merupakan fasilitas
bangunan bengkel di Terminal Tirtonadi sebagai bentuk sinergi antara
Kementerian Perhubungan dan Hino untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan
bagi pengendara dan penumpang angkutan Bus.
Karena dengan service point ini dapat
mempermudah perawatan berkala kendaraan untuk mencegah kerusakan kendaraan saat
di jalan dan meminimalkan kecelakaan. Dengan adanya Hino service Point ini,
memudahkan pengusaha bus untuk melaksanakan kelaikan kendaraan atau ramp check armada mereka di terminal,
untuk melakukan pemeriksaan rutin setiap bulan terkait kelaikan dan keselamatan
kendaraan. Ramp check sendiri difokuskan pada tiga unsur penting, yaitu
administrasi, teknis, dan penunjang. Unsur administrasi meliputi SIM umum,
STNK, surat tanda uji kelayakan (STUK), dan kartu pengawasan. Kemudian unsur
teknis mencakup sistem penerangan, sistem pengereman, serta kelaikan ban depan
dan ban belakang kendaraan. Untuk unsur penunjang, yang akan diperiksa adalah
pengukur kecepatan (spidometer), sabuk keselamatan pengemudi, kaca depan dan
penghapus kaca depan (wiper), juga kaca spion dan klakson. Apabila ditemukan
pelanggaran administrasi dan teknis, sanksi berupa tindakan tilang dan dilarang
beroperasi sudah menanti para pelanggar. Sedangkan jika ditemukan pelanggaran
pada unsur penunjang, akan diberikan catatan untuk segera melengkapi dan memenuhi
persyaratan setelah itu bus tersebut baru dapat beroperasi kembali.
“Dengan sinergi antara Hino dan Kemehub maka,
kami harapkan masyarakat dapat menggunakan bus sebagai transportasi yang aman
dan nyaman sehingga para penumpang dapat sampai di kota tujuan dengan selamat”
tutup Santiko.
RECENT POST
- Hino Motors Hadirkan Enam Kendaraan Masa Depan di Japan Mobility Show 2025
- Keselamatan sebagai Prioritas, Kolaborasi Hino dan Nestlé untuk Industri Logistik
- Hino Indonesia Serahkan CSR Truk untuk SMKN 2 Tangerang sebagai Media Pembelajaran
- Berkat Kepercayaan Pelanggan, Hino Kembali Raih Top Brand Award 2025
- Primajasa Perkuat Layanan Kepada Pelanggan dengan Tambahan 100 Bus Hino Baru
Leave Reply
Your email Address will not be published, Required filed are marked*