x
Hino Safety Driving Competition Pontianak
  13 Februari 2020
  Category
  admin
  Post a Comments

Hino Safety Driving Competition Pontianak

Mengemudi Dengan Aman, Bisnispun Makin Nyaman

 

Pontianak, 13 Februari 2020 –  PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) terus memberikan layanan transportasi yang aman, nyaman dan professional kepada seluruh pelanggan dan masyarakat dengan terus menggelar Hino Safety Driving Competition. Memasuki tahun 2020, dimana ini merupakan tahun ke empat Hino Safety Driving Competition di gelar. Pontianak menjadi kota pembuka kegiatan kompetisi keselamatan berkendara dari Hino yang dimulai sejak 2017 dan telah melewati 30 kota dengan total peserta 2.175 dari 1.615 perusahaan. Membawa tema Mengemudi dengan aman, bisnispun makin nyaman. Melalui kegiatan ini Hino ingin terus memperkuat pondasi kepada para pengemudi kendaraan truk untuk mengutamakan keselamatan di jalan dan keamanan ketika berkendara.

Hino Safety Driving Competition Pontianak digelar selama dua hari yang dikuti 140 peserta. Kegiatan ini terbagi menjadi dua bagian test dan dua kategori yaitu light truck dan medium truck. Hari pertama pengemudi di tes tertulis mengenai keselamatan berkendara seperti daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving, dan tanda rambu – rambu lalu lintas. Materi ini turut diujikan karena pengecekan kondisi kendaraan secara rutin sangat penting meminimalkan risiko kecelakaan lalu lintas. Pasalnya, beberapa kasus kecelakaan lalu lintas umumnya disebabkan oleh rem blong, tekanan ban tidak tepat, dan kerusakan kendaraan yang tidak disadari pengemudi. Dengan pengecekan rutin, pengemudi dapat menyadari dan mendeteksi adanya kerusakan pada kendaraan, sehingga dilakukan upaya perbaikan sebelum kerusakan semakin parah dan menimbulkan korban.  

Setelah tes terulis hari pertama, maka 10 perwakilan terbaik dari kategori truk kecil atau Hino Dutro dan 10 perwakilan terbaik dari kategori truk sedang atau Hino Ranger yang memiliki nilai tertinggi akan menjalani tes selanjutnya. Pada hari kedua, bertempat di Qubu Resort Pontianak, digelar skill test dan inspection test. Pengemudi akan diuji keahliannya seperti melewati jalan zig – zag baik itu maju maupun mundur serta parkir mundur.

Selain tes tertulis dan skill tes Hino turut juga menghadirkan perwakilan dari Dinas Perhubungan dan Kepolisian Lalu Lintas setempat untuk memberikan edukasi mengenai keamanan dan keselamatan mengemudi. Sehingga dengan kegiatan ini, pengemudi yang mengikuti Hino Safety Driving Competition dapat membawa bekal yang banyak dalam berkendara yang aman, dan dapat membagikannya keteman – teman sesama pengemudi. Dengan demikian pengetahuan, keterampilan, dan perilaku pengemudi akan lebih baik, serta membantu menurunkan angka kecelakaan berlalu lintas. Dimana untuk Kalimantan Barat sendiri dari data tercatat, angka kecelakaan pada tahun 2018 sebanyak 424 kejadian yang menelan 108 korban jiwa.           

“Hino senang dapat terus mendukung pemerintah, karena kegiatan ini sejalan dengan semangat pemerintah untuk mewujudkan budaya tertib lalu lintas dengan terus melaksanakan kampanye pelopor keselamatan berlalu lintas untuk terciptanya transportasi yang handal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah”. Terang Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.

Sejalan dengan Hino Safety Driving Competition dimana ini bentuk Total Support Hino dalam menciptakan SDM yang unggul, maka disisi produk Hino turut juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan setiap produk nya. Hal ini dapat dilihat pada kendaraan Hino produk VIN 2020 Seperti pada line up produk –untuk segmen bisnis cargo baik itu Hino Dutro maupun Hino Ranger sudah dilengkapi dengan rear camera yang membantu pengemudi melihat kondisi dibelakang kendaraan. Rear camera ini membantu pengemudi ketika mundur atau parkir sehingga lebih aman dan mencegah kecelakaan kerja ketika loading barang. Pada Hino Ranger juga diaplikasikan side under mirror untuk mengurangi bagian yang tidak terlihat atau blind spot, hal ini untuk membantu keselamatan bagi pengendara disekitarnya dan juga keamanan pengemudi itu sendiri. Khusus kendaraan Hino Ranger segmen kargo yang umumnya melakukan perjalanan jarak jauh untuk mengantar logistik keberbagai tempat di penjuru Indonesia. Hino juga melengkapi untuk varian ini dengan Air Seat Suspension, sehingga pengemudi dapat mengatur sendiri kursi kemudinya untuk mendapatkan kenyamanan selama di perjalanan dan tentunya ini berguna untuk mengurangi lelah ketika mengemudi.

Hino Connect untuk meningkatkan efisiensi bisnis

Kendaraan Hino saat ini juga sudah dilengkapi dengan Hino Connect yaitu sebuah fitur telematics system yang memberikan efisensi bisnis. Dimana dengan Hino Connect, customer dapat lebih mudah mengatur manajemen operasional armadanya. fitur Hino Connect juga membantu dalam manajemen pengemudi, dimana dengan fitur ini menghasilkan data – data seperti perilaku supir mengemudi, durasi waktu mengemudi, dan mendeteksi kondisi kendaraan berhenti atau bergerak. Dengan manajemen pengemudi ini memberikan keuntungan bagi customer karena data – data yang dihasilkan berguna untuk meningkatkan efisiensi biaya operasional seperti bahan bakar

 Selain dua keunggulan diatas, Hino Connect juga memiliki kelebihan untuk manajemen kendaraan. Customer dapat memperoleh pengingat untuk perawatan berkala armadanya, karena Hino Connect akan memberikan data jarak tempuh setiap unit, sehingga perawatan kendaraan dapat dilakukan secara tepat waktu dan kendaraan Hino akan terus terjaga dan terawat tanpa khawatir lupa melakukan servis kendaraan. Dengan fitur – fitur mumpuni yang dimiliki oleh Hino Connect membuat armada semakin terawat, harga jual semakin meningkat dan bisnis semakin kuat.  Fitur ini dapat digunakan secara gratis oleh konsumen selama 5 tahun dan didukung juga oleh tenaga – tenaga supporting yang terdapat pada dealer – dealer, dimana setiap dealer memiliki Hino Telematic Officer (HTO) yang siap melayani segala kebutuhan mengenai Hino Connect.

Hino Siap B30

Dalam menghadapi peraturan pemerintah mengenai B30, Hino melakukan dua test yaitu emission test dan durability test baik itu untuk mesin yang saat ini digunakan Euro 2 dan juga mesin yang akan digunakan pada tahun 2021, Euro 4. Uji mesin Hino dilakukan di laboratorium dengan kondisi beban dan daya maksimum pada putaran mesin 2500 rpm, selama 400 jam atau setara dengan 40.000 km pada pemakaian maksimum yang menggambarkan kondisi kendaraan dipacu dalam kondisi ekstrim melebihi dari keadaan sesungguhnya dilapangan. Berdasarkan hasil uji tersebut, Hino sudah melakukan penyesuaian spesifikasi kendaraan yang sesuai dengan karakteristik bahan bakar Biodiesel.

Perubahan spesifikasi kendaraan Hino dilakukan untuk unit kendaraan dengan tahun produksi vehicle identification number (VIN) 2020 yaitu pada bagian ukuran fuel filter yang dibuat lebih besar sehingga filter tetap dapat bertahan sesuai dengan yang saat ini digunakan untuk B20. Selain itu fuel tank dilapisi dengan alumunium platting coated untuk mencegah terjadinya karat, fuel sender gauge dan piping juga dilapisi dengan Nickel platting coated untuk memberikan daya tahan yang lebih kuat terhadap zat asam yang dihasilkan oleh fame B30. Tidak hanya itu untuk material yang berbahan karet, seperti Hose sudah menggunakan material fluorubber agar tahan terhadap sifat – sifat dasar dari biodiesel yang menghasilkan zat asam dan mengkikis material.

Sementara itu bagi pengguna kendaraan Hino saat ini tidak perlu khawatir terhadap pengunaan B30. Hino sudah sampai di tahap akhir pengembangan untuk menyiapkan Retrofit yang dapat digunakan untuk kendaraan Hino baik itu mekanikal maupun bermesin common rail yang terdiri dari Fuel Filter yang lebih besar, serta sender, tank, piping dan hose yang memiliki material yang lebih tahan untuk pengunaan bahan bakar B30. Selain itu untuk membantu efisiensi biaya operasional kendaraan, Hino juga memiliki Strainer yang dijual terpisah dan digunakan sebagai tambahan pada bagian fuel tank. Strainer ini berguna untuk memperpanjang umur pemakaian fuel filter sehingga memberikan keuntungan bagi customer berupa lifetime fuel filter menjadi lebih panjang. Strainer ini dapat digunakan baik itu untuk kendaraan Hino baru produksi VIN 2020 maupun kendaraan Hino sebelumnya.

“Kami ingin terus memberikan yang terbaik bagi konsumen setia Hino dan juga masyarakat. Untuk itu, fokus kami adalah terus mengembangkan produk yang terbaik untuk memberikan best fit product dan menciptakan SDM yang terpercaya dan unggul melalui kegiatan Hino Safety Driving Competition ini”, ungkap Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.  

Leave Reply

Your email Address will not be published, Required filed are marked*