Hino Bersama KNKT, Kementrian Perhubungan, dan Dishub Sumatera Utara, Menggelar Kampanye Keselamatan Truk dan Bus
“Mengurangi Bahaya Rem Blong”
Medan 14 Oktober 2022 – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Kementerian Perhubungan, dan Dinas Perhubungan Sumatera Utara. Bekerja sama menggelar kampanye keselamatan bus dan truk, dengan mengangkat tema “Mengurangi Bahaya Rem Blong”. Acara yang berlangsung di Kantor Dinas Perhubungan Sumatera utara Jl. Imam Bonjol No.61, Medan Polonia, Kota Medan ini, diinisiasi oleh KNKT mengingat masih banyaknya kecelakaan yang terjadi yang melibatkan kendaraan besar.
Acara yang digelar secara hybrid ini, diikuti langsung oleh perusahaan bus dan truk wilayah Sumatera Utara. Serta diikuti juga secara online oleh perusahaan bus dan truk seluruh Indonesia. Turut hadir dalam event kampanye ini Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono, Direktur sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan, Danto Restyawan, Kepala Dinas perhubungan Sumatera Utara, Supryanto dan Irwan Supriyono selaku Direktur After Sales Service, PT. Hino Motors Sales Indonesia.
“Kegiatan ini akan terus
kami gelar, karena ini merupakan visi Hino Indonesia. Dimana kami ingin
mewujudkan transportasi yang aman untuk masyarakat. Untuk itu kami butuh
kolaborasi dengan seluruh stakeholder seperti KNKT dan Kementerian Perhubungan
untuk mewujudkan keselamatan berkendara” ungkap Irwan Supriyono, After Sales Service
Director HMSI.
Dalam acara ini banyak diberikan edukasi dari Senior Investigator KNKT, Ahmad Wildan mengenai penyebab kecelakaan dan antisipasinya seperti apa saja resiko mengemudi di Jalan, blind spot, kondisi Jalan (Geometrik dan Alam), dan faktor pengemudi itu diri sendiri baik itu keahlian dan kondisi kebugaran. Selain itu materi utama mengenai pengereman turut diberikan seperti, pengereman secara terus menerus, pengereman di jalan menurun dan lainnya.
Ahmad Wildan, Senior
Investigator KNKT mengatakan “Ketika pengereman dilakukan secara terus menerus. Hal ini akan
menyebabkan persediaan angin di tabung angin berkurang. Prinsip kerja system
pneumatic adalah kompresor mengambil udara luar dan mengkompresinya didalam
tabung angin sehingga mencapai batas tekanan maksimal. Kemudian udara
bertekanan ini akan digunakan untuk mendorong kampas menyentuh tromol serta
untuk memindahkan tuas gigi persnelling. Kompresor bekerja dengan memanfaatkan
putaran mesin semakin cepat mesin berputar semakin banyak udara yang dikompresi”.
“Pada saat di jalan menurun
pengemudi hampir tidak pernah menginjak pedal gas, sehingga kemampuan kompresor
untuk menyerap udara dan mengkompresinya sangat rendah. Dan jika pengemudi
melakukan pengereman terus menerus hal ini akan menyebabkan tekanan angin di
tabung angin berkurang dengan cepat. Pada saat tekanan angin berada diambang
batasnya maka system rem tidak dapat berfungsi” tambah
Wildan.
“Hino sangat mengutamakan keselamatan berkendara. Melalui fasilitas Hino Total Support Customer Center (HTSCC) sebagai pusat pelatihan pengemudi. Hino mempunyai komitmen dan tanggung Jawab untuk memberikan layanan Total Support untuk membantu mengkampanyekan keselamatan lalu lintas dan memberikan edukasi untuk mencegah kecelakaan dijalan. Karena fokus kami membantu pelanggan lebih produktif, aman dan efisien saat menggunakan truk dan bus”, tutup Irwan.
RECENT POST
- Hino Motors Hadirkan Enam Kendaraan Masa Depan di Japan Mobility Show 2025
- Keselamatan sebagai Prioritas, Kolaborasi Hino dan Nestlé untuk Industri Logistik
- Hino Indonesia Serahkan CSR Truk untuk SMKN 2 Tangerang sebagai Media Pembelajaran
- Berkat Kepercayaan Pelanggan, Hino Kembali Raih Top Brand Award 2025
- Primajasa Perkuat Layanan Kepada Pelanggan dengan Tambahan 100 Bus Hino Baru
Leave Reply
Your email Address will not be published, Required filed are marked*