Hino Luncurkan Aplikasi Hino Connect Driver Bantu Pengemudi Jadi Lebih Efisien, Aman, dan Terkoneksi
PT
Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meluncurkan inovasi
digital terbaru di ajang GIIAS 2025, Hino Connect Driver, sebuah aplikasi
telematika pintar yang dirancang khusus untuk pengemudi kendaraan Hino. Hadir
sebagai solusi nyata dari semangat Total Support, aplikasi ini memperkuat
komitmen Hino dalam membantu pelanggan mengelola armadanya dengan lebih
efisien, aman, dan produktif.
Sejak diperkenalkan pada tahun 2020, Hino Connect telah menjadi standar sistem telematika OEM (Original Equipment Manufacturer) yang tertanam langsung untuk seluruh kendaraan Hino, baik truk Hino 300 Series, 500 Series, maupun bus. Hingga kini, lebih dari 120.000 unit kendaraan telah menggunakan sistem ini, menjadikannya salah satu layanan telematika terpercaya di industri kendaraan niaga Indonesia. Namun di balik keberhasilan itu, ada satu hal yang selama ini menjadi perhatian, pengemudi sebagai ujung tombak operasional armada, belum memiliki akses langsung ke data performa mereka sendiri. Hal inilah yang mendorong lahirnya aplikasi Hino Connect Driver.
“Kami percaya bahwa pengemudi bukan sekadar pelaksana, tapi mitra penting dalam bisnis transportasi pelanggan. Hino Connect Driver adalah wujud nyata dari upaya kami mendekatkan teknologi kepada pengemudi agar mereka bisa memahami, mengevaluasi, dan meningkatkan kinerjanya” ujar Takashi Muto, President Director HMSI.
Hino Connect Driver adalah aplikasi berbasis android yang memberikan akses langsung kepada pengemudi terhadap data telematika kendaraan yang mereka operasikan. Aplikasi ini dirancang user-friendly, sehingga dapat digunakan oleh pengemudi dari berbagai latar belakang tanpa memerlukan perangkat gawai dengan spesifikasi tinggi. Melalui aplikasi ini, pengemudi dapat melihat scorecard yang merekam perilaku mengemudi seperti akselerasi mendadak, pengereman, atau kecepatan berkendara. Selain itu pengemudi mendapat pengingat servis berkala berdasarkan jarak tempuh kendaraan. Melakukan evaluasi performa harian, untuk meningkatkan kualitas dan keselamatan berkendara. Mengaktifkan fitur pemindaian QR code untuk mengaitkan diri dengan unit kendaraan secara langsung. Dan menggunakan fitur pengenalan wajah (face recognition) untuk keamanan dan akurasi.
Selama ini, akses data telematika hanya tersedia di ruang monitoring atau kontrol operasional armada. Aplikasi Hino Connect Driver menjembatani kesenjangan tersebut, dan menjadi alat komunikasi dua arah antara pengemudi dan manajemen armada.
“Dengan aplikasi ini, pelanggan dapat menurunkan biaya operasional seperti konsumsi bahan bakar dan maintenance. Di saat yang sama, pengemudi merasa lebih dihargai karena punya kontrol terhadap performa mereka”, tambah Muto
Peluncuran
Hino Connect Driver di GIIAS 2025 ini merupakan bagian dari misi besar Hino
untuk “Bersama Menuju Masa Depan”, selaras dengan tema booth Hino tahun ini.
HMSI berkomitmen terus menghadirkan inovasi digital dan layanan after sales
unggulan guna mendukung kelancaran dan pertumbuhan bisnis pelanggan. Selain itu
Peluncuran aplikasi ini juga melengkapi ekosistem layanan digital Hino yang
sudah ada seperti Myhino dan Hino Connect.
RECENT POST
- Hino Motors Hadirkan Enam Kendaraan Masa Depan di Japan Mobility Show 2025
- Keselamatan sebagai Prioritas, Kolaborasi Hino dan Nestlé untuk Industri Logistik
- Hino Indonesia Serahkan CSR Truk untuk SMKN 2 Tangerang sebagai Media Pembelajaran
- Berkat Kepercayaan Pelanggan, Hino Kembali Raih Top Brand Award 2025
- Primajasa Perkuat Layanan Kepada Pelanggan dengan Tambahan 100 Bus Hino Baru
Leave Reply
Your email Address will not be published, Required filed are marked*